EIFFEL TOWER (MENARA EIFFEL)

EIFFEL TOWER 









MENARA EIFFEL


Keajaiban Dunia (Dunia Unik - World Unique) - Dimanakah letak dan berapa Tinggi Menara Eiffel? Menara Eiffel (/ ˈaɪfəl / EYE-fəl; Prancis: Tour Eiffel [tuʁɛfɛl] (dengar)) adalah menara kisi besi tempa di Champ de Mars yang berada di Paris, Prancis. Nama menara ini bersumber dari nama Gustave Eiffel, seorang Insinyur yang perusahaannya merancang dan membangun menara ini.

Menara Eiffel dibangun selama 2 (dua tahun) yaitu dari 1887 hingga 1889. Menara ini menjadi pintu masuk ke Pameran Dunia 1889. Pembangunan menara ini, awalnya dikritik oleh beberapa seniman dan intelektual terkemuka Prancis dalam hal desainnya. Tetapi setelah Menara Eiffel berdiri, menara ini justru menjadi ikon budaya global Prancis dan salah satu struktur yang paling dikenal di dunia. Kenyataan ini membuat semua kritikan perlahan menghilang.

Menara Eiffel adalah monumen berbayar paling banyak dikunjungi di dunia. Tercatat 6,91 juta orang telah mengunjunginya pada 2015. Menara ini memiliki tinggi 324 meter (1,063 kaki), dengan tinggi yang sama dengan bangunan 81 lantai, dan struktur tertinggi di Paris. Basisnya persegi, berukuran 125 meter (410 kaki) di setiap sisi. Selama pembangunannya, Menara Eiffel melampaui Monumen Washington untuk menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia, gelar yang dipegangnya selama 41 tahun hingga Chrysler Building di New York City selesai pada tahun 1930. Karena penambahan penyiaran udara di bagian atas menara pada tahun 1957, sekarang lebih tinggi dari Gedung Chrysler oleh 5,2 meter (17 kaki). Tidak termasuk pemancar, Menara Eiffel adalah struktur berdiri bebas tertinggi kedua di Perancis setelah Jembatan Millau.

Menara ini memiliki tiga tingkat untuk pengunjung, dengan restoran di tingkat pertama dan kedua. Platform atas tingkat atas adalah 276 m (906 kaki) di atas tanah - dek observasi tertinggi yang dapat diakses oleh publik di Uni Eropa. Tiket dapat dibeli untuk naik melalui tangga atau naik ke tingkat pertama dan kedua. Pendakian dari permukaan tanah ke tingkat pertama adalah lebih dari 300 langkah, seperti pendakian dari tingkat pertama ke tingkat kedua. Dalam Menara Eiffel ini sebenarnya ada tangga yang menuju ke tingkat atas. Namun untuk sampai ke bagian atas gedung ini biasanya hanya dapat diakses dengan lift.

Share:

0 comments