Air Terjun Niagara - Niagara Falls


AIR TERJUN NIAGARA

World Unique  - Niagara Falls



Keajaiban Dunia (World Unique/Dunia Unik) - Niagara Falls (Inggris: Niagara Falls, Perancis: les Chutes du Niagara) adalah sekelompok besar air terjun di sepanjang Sungai Niagara yang membentang melintasi perbatasan internasional yang memisahkan Ontario, Kanada dan negara bagian New York, AS. Air terjun ini terletak 27 km barat daya Buffalo, New York, 120 km selatan Toronto, Ontario antara kota kembar Niagara Falls, Ontario dan Niagara Falls, New York.

Niagara Falls sebenarnya adalah tiga air terjun. Dua bagian utama yang dipisahkan oleh Goat Island adalah Air Terjun Horseshoe, yang terletak di sisi Kanada, dan Air Terjun Amerika, yang terletak di sisi lain Amerika Serikat. Air terjun kecil lainnya adalah Air Terjun Bridal Veil yang terletak di sisi lain Amerika Serikat dan terpisah dari air terjun utama oleh Luna Islan (Pulau Luna). Sistem air ini terbentuk ketika gletser mulai mencair menjelang akhir periode glasial Wisconsin (zaman batu terakhir) dan perairan ini, yang berasal dari Great Lakes yang baru terbentuk, membentuk jalur melalui Air Terjun Niagara dalam perjalanan menuju Samudera Atlantik. Meski tidak terlalu tinggi, sistemnya sangat luas. Lebih dari 168.000 meter kubik air jatuh dari punggungnya setiap menit.

Air terjun ini dikenal karena kecantikannya dan juga sumber yang berharga untuk pembangkit listrik tenaga air. Menjaga keseimbangan antara penggunaan rekreasi, komersial dan perusahaan telah menjadi tantangan bagi para pejuang air sejak tahun 1800-an. (Sumber : wikipedia.org)






Share:

0 comments